FENOMENA KELIRU

  • Mengapa Bus Way?
  • Apa maksud kata Ping Pong?
  • Apa yang salah dalam hati?
  • Kenapa absen?

Slogan

MENGUPAS SEGALA FAKTA DAN FENOMENA KELIRU DI SEKITAR KITA

Monday, May 6, 2013

BUS WAY ???

     Tulisan kali ini akan membahas fenomena keliru seputar bus way. Jika Anda tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, pasti bus way bukanlah hal yang asing lagi. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa hal keliru dalam penggunaan kata bus way ini?
     Pertama, ketika kita mendengar kata bus way, pasti yang pertama kali terlintas di otak kita adalah bus Trans Jakarta. Bahkan ketika kita search kata bus way di google images, yang muncul adalah foto bus Trans Jakarta. Padahal sesungguhnya ini adalah hal yang keliru. Karena bus way jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya jalan bus atau jalur bus. Jadi, bus way sebenarnya adalah jalan atau jalur yang disediakan khusus untuk bus Trans Jakarta.
     Kedua, bus way di Indonesia dilalui oleh bus Trans Jakarta. Bus Trans Jakarta memang salah satu jenis bus, namun tulisan pada body-nya tidak ada kata "bus". Yang tertulis hanyalah kata "Trans Jakarta". Maka jika dipikir-pikir, kenapa yang melalui jalur bus (bus way) adalah kendaraan yang bertuliskan "Trans Jakarta", bukan bus-bus lain yang pada body-nya jelas tertulis kata "bus" (misal "Bus Pariwisata")? Jika memang jalur itu khusus dibuat untuk "Trans Jakarta", seharusnya nama jalurnya bukanlah bus way, namun "Trans Jakarta way". Atau mungkin seharusnya di body bus Trans Jakarta ditulis lengkap "Bus Trans Jakarta".
     Ketiga, kita tentu sering mendengar atau bahkan mengatakan frasa "jalur bus way". Apakah benar penggunaan frasa ini? Sebenarnya ini merupakan hal yang keliru. Karena kata "bus way" jika diartikan adalah jalur bus. Jadi ketika kita mengatakan "jalur bus way", artinya sama dengan "jalur jalur bus". Sebagai contoh ketika kita mengatakan "Bus way seharusnya lewat jalur bus way", maka yang benar adalah "Bus Trans Jakarta seharusnya lewat bus way". Mungkin terdengar aneh, tapi inilah kenyataannya, bahwa fenomena keliru yang sering terjadi di sekitar kita akan terasa benar, dan yang sesungguhnya benar akan terasa aneh dan salah.
     Sekian pembahasan mengenai fenomena keliru dalam penggunaan kata "bus way". Di tulisan-tulisan berikutnya, masih banyak fenomena-fenomena keliru lain yang lebih menarik untuk dibahas. Semoga bermanfaat.
--KELIRUMONOLOGI--

No comments:

Post a Comment