FENOMENA KELIRU

  • Mengapa Bus Way?
  • Apa maksud kata Ping Pong?
  • Apa yang salah dalam hati?
  • Kenapa absen?

Slogan

MENGUPAS SEGALA FAKTA DAN FENOMENA KELIRU DI SEKITAR KITA

Tuesday, May 7, 2013

TAK ADA ORANG YANG TAHU ???

     Tulisan kali ini masih membahas fenomena keliru yang mungkin sering terjadi di kehidupan kita. Kita sebagai menusia tentu pernah melakukan kesalahan. Karena seperti yang kita ketahui bahwa manusia tempatnya salah. Namun pernahkan Anda melakukan kesalahan yang disengaja? Mungkin pernah mungkin juga belum. Fenomena keliru yang satu ini terjadi ketika kita melakukan kesalahan yang disengaja.
     Ketika kita dengan sengaja berniat untuk melakukan kesalahan atau hal yang buruk, pasti ada perang batin dalam diri kita. Di satu sisi kita ingin melakukan sesuatu yang salah tersebut, namun di sisi lain hati kecil kita menolak untuk melakukan kesalahan. Lalu ketika kita memutuskan untuk melakukan hal yang salah, pasti kita beranggapan bahwa "Ah, kan tidak ada orang yang tahu", benar bukan? Atau kita juga bisa melihat di layar kaca atau layar lebar ketika ada adegan sang pemain bingung apakah harus melakukan hal yang salah atau tidak. Pasti kebanyakan pemain akan mengatakan hal tersebut, paling tidak yang maknanya serupa. Di sinilah letak kekeliruannya.
     Jika dari segi agama pasti mengatakan, walaupun tidak ada orang yang tahu, namun Tuhan pasti tahu. Kelirumonologi juga setuju dengan hal tersebut. Namun letak kekeliruannya bukan disitu. Ketika seseorang mengatakan "Ah, kan tidak ada orang yang tahu", berarti dia tidak mengargai dirinya sendiri. Karena dia menganggap bahwa tidak ada orang yang tahu mengenai apa yang dia lakukan. Lalu makhluk apa sebenarnya dia? Bukankan dia (si pelaku) juga merupakan orang? Secara tidak langsung berarti dia tidak menganggap dirinya sendiri sebagai orang atau manusia. Bukankah dia sendiri tahu dengan apa yang dia lakukan?. Ini mungkin bisa dijadikan sebagai bahan ceramah, motivasi, atau pembenahan diri supaya kita tidak melakukan hal-hal yang salah. Karena ketika kita melakukan hal yang salah, dan beranggapan bahwa tidak ada orang yang tahu, berarti kita tidak menghargai diri kita sendiri yang mengetahui hal salah tersebut.
     Demikian sedikit informasi mengenai fenomena keliru ketika kita melakukan sebuah kesalahan. Sampai jumpa lagi di bahasan-bahasan selanjutnya mengenai fenomena kelirumonologi yang lebih menarik. Semoga bermanfaat.
--KELIRUMONOLOGI--

No comments:

Post a Comment